Menyajikan Informasi & Opini tentang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi,Sosial,dan Seni merujuk pada aspek rujukan berbagai sumber maupun pengalaman pribadi.Stay Tune!

Senin, 14 Oktober 2019

Bencana alam bukan Azab Allah


Bencana Alam bukan Azab Allah


Setiap ada musibah, selalu saja ada yg mengaitkannya dengan azab Allah. Kalau itu semata hanya untuk introspeksi diri, tentu boleh-boleh saja. Tapi celakanya narasi itu justru dipolitisir untuk menyerang pemerintah. Seolah bencana alam itu bukti pemerintah kita ini thogut; seolah pemerintah zalim terhadap umat Islam, bahkan menganggap korban sebagai pelaku maksiat.
Mari kita lihat fakta sejarah tentang bencana dan musibah di masa Khilafah, biar kita lebih bijak menyikapi fenomena alam.
Pada masa Khalifah al-Mu’tadhid ada musibah bencana alam. Terjadi gempa bumi dengan korban 150 puluh ribu penduduk. Imam Suyuthi juga menceritakan bahwa terjadi banjir besar sehingga air bersih susah didapat. Banyak yang kelaparan dan karena darurat terpaksa memakan bangkai binatang.
Gempa bumi, angin puyuh, petir menyambar dan hujan batu es serta longsor adalah berbagai bencana alam yang dialami umat pada masa Khalifah al-Mutawakkil seperti dicatat oleh Imam Suyuthi dan Imam
Thabari dengan detil. Puluhan ribu orang wafat dan berhari-hari tidak bisa keluar rumah.
Pada masa Khalifah an-Nashir Lidinillah, tahun 596 H, Imam Suyuthi mencatat peristiwa yang tragis di Mesir, yaitu keringnya Sungai Nil. Akibatnya terjadi kelaparan yang sangat dahsyat dimana para penduduk Mesir sampai memakan bangkai binatang dan bangkai manusia.
Bahkan lebih tragis lagi dikabarkan orang Mesir benar-benar dalam kondisi terburuk hingga mereka membongkar kuburan dan memakai bangkai untuk bertahan hidup. Menurut Adz-Dzahabi, sebagaimana dikutip oleh Imam Suyuthi, kondisi memilukan ini berlangsung dua tahun hingga tahun 598 H.
Jadi peristiwa bencana alam dan musibah itu juga terjadi pada masa khilafah. Jangan dianggap seolah apa yg terjadi di NKRI ini semata sebagai azab dari Allah, apalagi mengaitkannya dengan kepemimpinan Presiden Jokowi.
Bahayanya menganggap bencana alam ssebagai azab adalah kita tidak bersiap untuk meminimalisir dampaknya. Karena dianggap azab maka semakin banyak korban akan semakin “baik”. Menunjukkan betapa powerfulnya murka Tuhan. Para korban juga dianggap orang yang terkena azab. Ini jahatttt mas bro!
Bencana alam harus diantisipasi, penduduk diberi edukasi apa yang harus dilakukan agar tidak banyak korban yg jatuh. Proses rekonstruksi dan rehabilitasi juga harus dimulai. Kalau itu dianggap azab, kita malah akan membiarkan banyak korban dan diam-diam nyukurin mereka. Kita merasa lebih alim dan suci dari mereka. Ini jebakan syetan!
Maka berhentilah nyomot ayat sembarangan hanya untuk memuaskan nafsumu untuk melihat datangnya azab Allah. Padahal ampunan Allah lebih besar dari murkaNya. Pasti ada hikmah dibalik musibah. Jangan kau anggap azab, lantas otakmu berhenti berpikir untuk mengantisipasi bencana alam.
Musibah itu untuk introspeksi kita bukan untuk menuding orang lain. Jangan sampai orang lain kena musibah kau bilang itu azab, tapi pas kau dan sodaramu yang kena kau bilang itu ujian. Double standard tauuuu.
Paling parah itu mereka yang memanfaatkan musibah dan bencana alam yang menimpa saudara-saudara kita untuk kepentingan pilpres semata. Bencanapun kau politisir. Itu parah, Fergusso!
Tabik,
Sumber;
Nadirsyah Hosen
nadirhosen.net
Share:

Minggu, 13 Oktober 2019

Kisah; Ketika Adam AS meninggal,Syits AS telah berusia 400 tahun


ketika Adam meninggal, Syits telah berusia 400 tahun. Dia telah diberi tabut, tali, pedang, dan kudanya yang bernama Maimun yang telah diturunkan kepadanya dari surga. Apabila kuda itu meringkik, semua binatang yang melata di bumi menyambutnya dengan tasbih. Syits telah diwasiati untuk memerangi saudaranya, Qabil. Dia pergi untuk memerangi Qabil dan akhirnya perang itu pun berkecamuk. Itulah perang pertama yang terjadi antara anak-anak Adam di muka bumi. Dalam peperangan itu, Syits memperoleh kemenangan dan dia menawan Qabil.

Qabil sebagai tawanan berkata, “Wahai Syits, jagalah persaudaraan di antara kita.” Syits berkata, “Mengapa engkau sendiri tidak menjaganya? Engkau telah membunuh saudaramu, Habil.” Kemudian Qabil ditawan oleh Syits; kedua tanganya dibelenggu di atas pundaknya, dan dia ditahan di tempat yang panas sampai meninggal. Anak-anak Qabil bermaksud menguburkannya. Tiba-tiba Iblis datang kepada mereka dalam rupa malaikat. Iblis berkata kepada mereka, “Jangan dikubur di dalam bumi.”

Iblis membawakan dua batu hablur yang telah dilubangi tengah-tengahnya. Dia menyuruh mereka memasukkan Qabil ke dalam ruang antara dua batu hablur itu, memakaikannya pakaian terindah dan meminyakinya dengan ramuan-ramuan tertentu sehingga dia tidak akan mengering. Lalu Iblis menyuruh mereka menyimpannya di sebuah rumah, diletakkan di atas kursi yang terbuat dari emas dan memerintahkan kepada setiap orang yang masuk ke rumah itu untuk bersujud kepadanya sebanyak tiga kali. Iblis memerintahkan kepada mereka untuk merayakan upacara setiap tahun untuknya dan berkumpul di sekitarnya. Kemudian Iblis mewakilkan urusan ini kepada setan. Setan itulah yang kemudian berkomunikasi dengan mereka sehingga manusia terus-menerus sujud kepada Qabil.

Sementara Syits, setelah dia menunaikan tugasnya memerangi Qabil, pulang ke negeri Hindi (India) dan menetap di sana sebagai juru pemutus yang adil di antara manusia.


(Sumber: “Kisah Penciptaan dan Tokoh-tokoh Sepanjang Zaman”; diterjemahkan oleh Abdul Halim, Bandung: Pustaka Hidayah, Cet. I, Oktober 2002, hal. 100-102)

Share:

Minggu, 06 Oktober 2019

SEJARAH;Simbol Heksagram yang Identik dengan Bangsa Yahudi

SEJARAH Simbol Heksagram yang Identik dengan Bangsa Yahudi
https://nationshope1.blogspot.com
Ya Allah, hidupkan dan matikanlah kami berselimutkan kalimat لا اله إلا الله محمدا رسول الله sebagaimana sang admiral agung Kekhalifahan Utsmaniyah, Hizir Hayrettin Barbarossa di pusara ini." توفني مسلما وألحقني بالصالحين Barbaros Türbesi, Beşiktaş, Istanbul.
 *DAVID STAR, NAJM SUDASIY*



Nampak di ujung kain yg menyelimuti makam sang admiral Barbarossa, sebuah diagram persegi enam yang juga terkenal sebagai bintang david. Simbol yang digunakan pula oleh israel dan zionism serta satanic.
Kain itu sebenarnya adalah bendera, panji perang admiral agung khilafah Utsmaniyyah antara yg bernama lengkap Hayrettin Barbarossa. Beliau menjabat sejak tahun 1470 hingga 1546 M, di bawah pemerintahan Sultan Sulaiman al Qanuni.
Panji beliau tersebut secara rinci berisi:
1. Gambar pedang bercabang dua, yang dinisbatkan kepada pedang dzulfiqar kepunyaan Ali radhiyallahuanhu.
2. Empat hilal yg bertuliskan 4 nama khulafa' rasyidun, mqsing-masing berada di setiap sudut bendera.
3. Kaligrafi bertuliskan ayat:
نصر من الله وفتح قريب وبشر المؤمنين يا محمد
"Pertolongan dari Allah Ta'ala dan kemenangan yg dekat. Sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang beriman, wahai Muhammad." (Q.S. Ash Shaff 12).
4. Bintang daud, persegi enam.
Ternyata, bintang enam daud yang juga diyakini sebagai khâtam (cincin stempel) Nabi Sulaiman alaihissalam ini sudah biasa dipakai oleh Umat Islam sejak lama. Maka dari itu, tidaklah heran jika ada banyak sekali simbol bintang segi enam ini di beberapa bangunan historis zaman Kekhalifahan Utsmaniyah.
Di Masjid Pertevniyal Cami Aksaray, Istanbul misalnya. Atau di koin-koin dinar Kekhalifahan Utsmaniyah, pedang dan bahkan dengan sangat jelas di salah satu gerbang istana Topkapi yang dibangun Sultan Fetih Mehmed II.
Film besutan TRT channel berjudul 'Payitaht Abdulhamit' yang sedang trending hari ini pun sempat menjelaskan tentang panji admiral Barbarossa yg mencantumkan simbol bintang segi enam ini.
Konon, bintang Daud yang hari ini sayangnya malah identik dengan zionisme ini, dahulu dimuat dalam panji agar menunjukkan bahwa Barbarossa sebagai representasi tangan Kekhalifahan Utsmaniyah itu bersifat rahmatan lil alamin. Rahmat bagi semesta, menegakkan hukum Allah dan keadilan di muka bumi bagi siapapun.
Rahmat itu mewujud tatkala Yahudi yang saat itu di Andalusia (Spanyol) bersamaan dengan umat Islam sedang berada di bawah ancaman etnic cleansing oleh pasukan salib Ferdinand 'Aragon' dan Isabella 'Castilla'. Gerakan Reconquista bengis yang mereka lakukan menyebabkan Barbarossa bergerak ke sana dan mengungsikan puluhan ribu kaum muslimin beserta yahudi ke Aljazair dan Maroko, atas perintah Khalifah Sulaiman al Qanuni.
Begitulah, yahudi pun mendapatkan rahmat dari khilafah islam yg menjadi bayang-bayang Allah di muka bumi.
Wallahu alam.
References;
1. Turkpress
2. Islamic awareness صناعة الوعي
3. Jihad Turbani, Mi'ah 'Uzhama.
Share:

Minggu, 08 September 2019

Keutamaan Puasa Tasua dan Asyura Bulan Muharram : Paling Mulia dan Hapus Dosa Setahun


Keutamaan Puasa Tasua dan Asyura Bulan Muharram : Paling Mulia dan Hapus Dosa Setahun
Minggu,8 September 2019


 https://nationshope1.blogspot.com- Umat Islam telah merayakan tahun baru hijriyah 1441 H pada Minggu (1/9/2019).
Bulan Muharram merupakan bulan pertama dalam penanggalan Hijriyah.Latar belakangnya penanggalan Hijriyah ini merupakan ide/gagasan dari sayyidina Umar R.A Salah satu Sahabat Nabi yang beliau cintai dan dinyatakan masuk kedalam surganya Allah SWT.
Bulan Muharram menjadi salah satu bulan penting dan suci bagi umat Islam selain bulan Ramadhan dan Dzulhijjah.1 Muharram memiliki keistimewaan yakni peristiwa hijrahnya Rasulullah SAW dari Makkah ke Madinah.Rasulullah SAW juga menyebut Muharram merupakan salah satu bulan yang istimewa dan disunnahkan memperbanyak amalan.
Allah SWT menjelaskan dalam Al-Quran bahwa bulan Muharram merupakan salah satu dari empat bulan yang disucikan Allah SWT.

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa” (QS. At-Taubah: 36)
Salah satu amalan sunnah yang dilakukan pada awal bulan Muharram adalah puasa.
Pada bulan Muharram terdapat puasa yang disunahkan yakni puasa Tasu'a dan puasa Muharram.

Berikut adalah keutamaan menjalan puasa sunnah Tasu'a dan Asyura di bulan Muharram.

  1. 1.      Hapus Dosa Setahun,

Hal tersebut berdasarkan hadist berikut ini.
عَنْ اَبِى قَتَادَةَ اَنَّ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: صَوْمَ يَوْمَ عَرَفَةَ يُكَفِّرُ سَنَتَيْنِ مَاضِيَةً وَمُسْتَقْبِلَةً وَصَوْمُ يَوْمِ عَاشُوْرَاءَ يُكَفِّرُ سَنَةً مَاضِيَةً

Artinya: Dari Abu Qatadah ra. bahwa rasulullah saw bersabda: "Puasa pada hari arafah dapat menghapus dosa selama dua tahun, yaitu tahun yang berlalu dan tahun yang akan datang. danpuasa pada hari Asyura menghapuskan dosa tahun yang lalu." (H.R jamaah kecuali Bukhari dan Tirmidzi)

Sementara mengenai puasa Tasua, Rasulullah berazam untuk menjalankannya, meskipun beliau tidak sempat menunaikan karena wafat sebelum Muharam tiba.

Lalu para sahabatnya menjalankan puasa Tasua seperti keinginan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

إذا كان العام المقبل صمنا يوم التاسع

"Apabila tahun depan (kita masih diberi umur panjang), kita akan berpuasa pada hari Tasua (kesembilan)." (HR. As-Suyuthi dari Ibnu Abbas, dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami').

Puasa asyura yang dilaksanakan pada bulan muharram ini merupakan puasa yang istimewa dikarenakan pelaksanaannya pada bulan Muharram yang termasuk dalam Al-Asyhurul Hurum.

Al-Asyrul Hurum merupakan bulan yang dimuliakan Allah SWT dan apabila umat islam mengerjakan amalan-amalan kebaikan yang salah satunya adalah puasa pada bulan Muharram.

Imam Syafi'i menerangkan bahwa puasa di bulan Muharam disunahkan sebagaimana dijelaskan Imam Nawawi dalam Syarah Shahih Muslim.

Al-Qurthubi, seperti yang dikutip As-Suyuthi dalam Ad-Dibaj 'ala Shahih Muslim menjelaskan bahwa puasa Muharram lebih utama karena merupakan awal tahun dan merupakan amalan utama mengawali tahun baru dengan berpuasa.

Hukum puasa 10 Muharram  atau Asyura adalah sunnah berdasarkan hadits riwayat Imam Muslim.


  1. 2.      Puasa Sunnah Paling Utama dan Puasa Terbaik Setelah Puasa Ramadan.

Para sahabat pernah bertanya kepada Nabi Muhammad SAW, "Wahai Nabi, puasa apakah yang lebih utama setelah puasa Ramadhan?" Nabi pun menjawab, "Puasa di bulan Muharram" (HR: Ibnu Majah).
Berdasarkan keterangan yang ada,Puasa Tasua  dan Asyura nilainya menjadi puasa yang paling mulia setelah Ramadhan.
Rasulullah bersabda:
أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ
"Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah (berpuasa) di bulan Allah, Muharam." (HR. Muslim)
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ
"Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada syahrullah (bulan Allah) yaitu Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam." (HR. Muslim)

  1. 3.      Sikap meneladani Nabi Harun dan Nabi Musa Alaihissalam

Menurut keterangan yang ada,ternyata sebelum Nabi Muhammad SAW Nabi Harun dan Nabi Musa telah lebih dahulu melakukan puasa di bulan Muharram.
Maka puasa bulan Muharram ini juga untuk meneladani Nabi Harun dan Nabi Musa Alaihissalam dan juga Nabi Muhammad SAW yang sudah melakukan puasa di hari Asyura.

  1. 4.      Tahan Hawa Nafsu

Kembali lagi pada Tujuan dasar dari Puasa adalah untuk menjadi sarana latihan untuk kita semua menjadi sosok yang lebih baik salah satunya menahan godaan dan menahan hawa nafsu.

Dalam hadits dari Abdullah bin Amr bin Al Ash radhiallahu’anhu, diriwayatkan bahwa Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

لا يؤمنُ أحدُكم حتَّى يكونَ هواه تبعًا لما جئتُ به

Tidak beriman seseorang sampai hawa nafsunya ia tundukkan demi mengikuti apa yang  aku bawa” (HR. Ibnu Abi Ashim 15, Ath Thabrani dalam Mu’jam Al Kabir, dishahihkan oleh An Nawawi, Adz Dzahabi, Ahmad Syakir. Didhaifkan oleh Ibnu Rajab, Al Albani. Dan ini pendapat yang rajih, namun maknanya shahih).

Sumber; Dari berbagai sumber
Share:

Pengertian Organisasi IntraSekolah dan EkstraSekolah Beserta Contohnya


Pengertian Organisasi IntraSekolah dan EkstraSekolah
Beserta Contohnya

Kali ini kita akan bahas tentang Organisasi Sekolah,Perlu diketahui di sekolah ada dua organisasi yang perlu kalian pahami diantaranya Intra-sekolah dan Ekstra-sekolah sebaiknya dipahami dengan baik oleh semua siswa sekolah agar tidak salah kaprah.Dari judul diatas  ada dua latar kunci yang perlu dibahas yaitu :
1.   Organisasi,yaitu kesatuan/susunan dan sebagainya yang terdiri atas bagian-bagian (orang dan sebagainya) dalam perkumpulan dan sebagainya untuk tujuan tertentu yang berdasarkan untuk membuat kelompok kerja sama antara orang-orang yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama
2.   Organisasi Intra-Sekolah,Merupakan wadah bagi kegiatan siswa di sekolah yang sesuai atau sejalan dengan komponen kurikulum,Kelompok kerja sama antara pribadi, yang pesertanya adalah siswa pada satuan pendidikan sesuai jenjangnya, yang terletak di dalam dan di antara lingkungan sekolah, yang tugasnya berkesinambungan guna mencapai tujuan bersama.
*Contohnya;OSIS,Sedangkan secara organisasi pengertian OSIS itu sendiri merupakan salah satu jalur pembinaan kesiswaan, dan merupakan salah satu sistem yang berfungsi sebagai tempat kehidupan berkelompok siswa bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.Untuk mencapai tujuan pembinaan dan pengembangan kesiswaan yang selaras dengan visi misi sekolah maka organisasi ini bersifat intra sekolah, artinya tidak ada hubungan organisatoris dengan OSIS di sekolah lain, dan tidak menjadi bagian dari organisasi lain yang ada di luar sekolah. Karena OSIS sendiri merupakan wadah organisasi siswa di sekolah. Oleh karena itu setiap siswa secara otomatis menjadi anggota OSIS. Keanggotaan itu secara otomatis berakhir dengan keluarnya siswa dari sekolah yang bersangkutan.
3.   Organisasi Ekstra-Sekolah,Merupakan wadah bagi kegiatan siswa berada di luar  program yang tertulis di dalam kurikulum, kegiatan Non-Pelajaran Formal yang dilakukan peserta didik sekolah atau universitas, umumnya di luar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan-kegiatan ini ada pada setiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar sampai universitas. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Kegiatan ini diadakan secara swadaya dari pihak sekolah maupun siswa-siswi itu sendiri untuk merintis kegiatan di luar jam pelajaran sekolah.
Kegiatan dari ekstrakurikuler ini sendiri dapat berbentuk kegiatan pada seni, olahraga, pengembangan kepribadian, dan kegiatan lain yang bertujuan positif untuk kemajuan dari siswa-siswi itu sendiri.
         *Contohnya; Pramuka,Eskul Olahraga,Seni,dan lain-lain

Sumber;
1) Wikipedia.com
2) KBBI EDISI V
Share:

Advertisement

Nation's Hope1

    Translate

    www.nationshope1.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.

    Pengikut